Pengalaman Mengikuti Program di RS Borromeus

Berhubung sudah diputuskan bakal melahirkan di RS Borromeus, saya mencoba beberapa layanan yang disediakan untuk menunjang kehamilan hingga persiapan kelahiran. Tujuan dari program-program yang dibuat adalah untuk menghadirkan relaksasi bagi ibu hamil.


1. Hypnobirthing
Hypnobirthing adalah metode self-hypnosis dengan teknik relaksasi, yang bertujuan untuk mengurangi segala keluhan yang sedang dialami, hingga mengurangi rasa panik dan takut jelang persalinan. Kelas hypnobirthing di RS Borromeus dalam bentuk privat, alias one-on-one sama terapisnya. Sebelum mengikuti kelas, kita wajib cek tensi sama suster di sana plus isi formulir. Lumayan banyak yang musti diisi, seperti data diri, keluhan yang sedang dialami, dan harapan mengikuti kelas ini. Pengisian formulir bertujuan menjadi parameter separah apa kondisi yang sedang dialami, juga untuk materi hipnosis selama sesi berlangsung.

In my opinion, hypnobirthing its not for everyone. Metode relaksasi ini membutuhkan kemampuan konsentrasi di awal, agar bisa fokus relaks hingga tertidur supaya afirmasi bisa masuk ke bawah alam sadar. Saya sendiri merasa cocok dengan metode ini. Pasalnya, setelah beberapa hari insomnia setelah mengikuti kelas ini jadi mudah tidur.


Untuk kehadiran pertama disarankan datang bersama suami. Suami punya peranan yang sangat penting ya, buibuk. Dengan mengikuti sesi ini diharapkan pasangan semakin mengerti apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan masing-masing. Disarankan mengikuti kelas ini selama 4 kali yaitu 2 sesi bersama pasangan, dan 2 sesi sendiri. Afirmasi tiap sesi tentu berbeda, misalnya jelang persalinan tentu difokuskan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa panik dan takut. Tarifnya IDR125,000/ orang, atau IDR200,000/ pasangan. Setelah sesi berakhir, kita diberikan jus buah dan snack.


2. Prenatal Yoga
Prenatal yoga diadakan setiap hari Jumat, jam 08.30 - 09.30. Nggak cuma yoga, tapi diberikan penyuluhan dan materi seputar kehamilan setelahnya. Tarifnya IDR53,000/ sesi. Yoga dan senam menggunakan ruangan yang sama. Fasilitasnya lengkap dari yoga mat, yoga block, bantal senam, hingga gym ball. Yang belum terbiasa yoga, saya rasa akan cukup kesulitan mengatur napas. Jadi repetisi gerakannya disesuaikan dengan kemampuan ya, buibu. Jangan dipaksa ngikutin yang lain. Nanti bidan instruktur akan bertanya apa ada yang sedang punya masalah dengan plasenta bayi atau posisinya sungsang, karena ada beberapa gerakan yang tidak boleh diikuti. Setelah sesi berakhir, kita diberikan jus buah dan air mineral, gratis.




3. Senam Hamil
Saya rasa ini program yang hampir di tiap rumah sakit ada ya. Di RS Borromeus sendiri membuat dua kelas. Berikut jadwalnya:

Dapat minum dan snack juga. Di sini kelas senam hamil lebih diminati daripada yoga. Sebaiknya datang lebih awal karena sebelum senam dimulai supaya dapat spot yang enak.

Adapun materi kesehatan yang diberikan topiknya berbeda tiap minggunya ya, moms. Mereka punya jadwalnya, jadi jangan takut merasa bakal dapat topik yang sama. Manfaatkan sesi tanya jawab sebaik mungkin. Lumayan menjawab segala kegelisahan, terutama bagi mereka dengan kehamilan pertama. Jangan lupa ikuti sesi dengan hati gembira supaya dedek di perut ikutan bahagia. Happy exercise!

Comments

Popular Posts