Lake Tyrell: Padang Garam di Victoria


Mengingat masa visa saya akan habis, Bella; roommate saya, mengajak berpetualang ke Lake Tyrell. “Main di danau, oh lucu juga.”, kata saya.

Pagi itu saya, Bella, dan dua teman asal Hongkong berangkat dari Carlton menuju Mallee district, Victoria. Perjalanan memakan waktu 4 jam, dan kami sempat singgah di Bendigo untuk makan siang. Setelah melanjutkan perjalanan selama 1 jam, kami tiba di sebuah tempat dengan hamparan dataran berwarna putih. “We’re just arrived guys.”, kata Jamie. Eh? Apa ini? Rupanya Lake Tyrrell adalah danau endapan garam. Luas danau ini sekitar 20,860 hektar, dan merupakan yang terbesar di Victoria.


Saat musim dingin, biasanya terdapat air setinggi 5cm di sepanjang danau. Berhubung saat itu musim panas, kecenderungan tempat ini kering. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengunjungi danau garam. Tentu, saya tak melewatkan sesi foto dengan segala pose, meski latar yang terlihat hanya hamparan garam :))










Tak terasa 2 jam berlalu dengan cepat. Karena tidak mau mengemudi dalam keadaan gelap, maka kami putuskan kembali ke kota sebelum matahari turun.

How to get here:
Dari pusat kota Melbourne bisa marathon menggunakan transportasi umum, namun terbatas, dan memakan waktu yang sangat lama. Terutama saat memasuki Mallee district, saya tak melihat ada angkutan umum. Mungkin bisa menggunakan taksi dari pemberhentian bus/ kereta terakhir, tapi pasti total ongkosnya lebih mahal. Saat itu saya menyewa mobil bersama 4 teman. AUD30/ orang, termasuk bensin berangkat dan pulang. Untuk masuk ke Lake Tyrrell tidak dikenakan biaya. Oh ya, di sini bisa camping.

Tips:
1. Bawa perbekalan, terutama air minum. Tidak ada toko di sepanjang kawasan ini.
2. Jika punya banyak waktu, sebaiknya singgah hingga matahari terbenam. Konon pemandangan sunset di sini indah.


d.

Comments

Popular Posts