Ngopi di Jogja [updated]

Dulu tiap singgah di sebuah kota, yang selalu saya cari adalah makanan khasnya. Well, sampai sekarang sih, tapi kini ditambah: tempat ngopi. Beberapa minggu yang lalu saya dan mas pacar berkunjung ke Jogja. Setelah mendapat rekomendasi dari beberapa teman penikmat kopi (BANYAK BANGET!), berikut beberapa tempat yang saya datangi:

Bahasa Kopi
Tempat ini berkesan banget buat saya. Nyempil di garasi, ada kursi kayu dan pohon rindang di depannya. Saya coba espresso yang dibuat oleh mas Gilbert sendiri. Selain enak, suasana kedai ini terasa hangat. Buat yang punya habit ngopi pagi, kedai ini dibuka dari jam 7 pagi. Di salah satu tembok terdapat jadwal kelas bahasa asing, yang rupanya bisa diikuti oleh siapapun tanpa dipungut bayaran. Tempat kecil yang dikelilingi orang berhati besar! Oh ya, katanya pastry di sini juga enak. Nggak sempat coba karena saat itu yang digadang-gadang enak (croissant, brioche) lagi nggak ada.



» Senin - Sabtu: 07.00 - 18.00
» Jalan STM Pembangunan
   Gang Gatotkaca 4E, Pringgondani, Mrican
» @bahasakopi



Kronology Coffee
Belakangan ini dapat pengalaman ngopi di tempat yang disebut "instagramable", tapi rasa kopinya ya-gitu-deh. Setiba di Kronology, saya punya ekspektasi yang cukup tinggi karena 4 dari 5 teman menyebut tempat ini wajib dikunjungi. Eh ternyata beneran enak! Tadinya pengin coba espresso, tapi kata mas Hendy, house blend yang sedang dipakai enak banget untuk milk based bev. "Orange dan chocolate-nya terasa.", katanya. Sebagai orang yang suka diajak ngobol, perbincangan malam itu menyenangkan sekali. Ditutup dengan pemberian segelas Milky Way geisha (Darat Coffee Lab), baik bener yaaah mas Hendyyy. Oh ya jangan lupa ada diskon 24% di tanggal 24 setiap bulannya.



» Senin - Minggu: 09.00 - 23.00
» Jalan Bougenville no.1


No.27 Coffee
Kedai kopi ini lokasinya cuma sepuluh salto dari Bahasa Kopi. Saya mencoba salah satu signature mereka yaitu Galyco. Awalnya saya pikir rasa manis muncul dari 2 buah leci yang tersaji, ternyata karakter biji Aceh Gayo yang mereka miliki memang seperti itu; manis, bitterless dan low acidity. Pas sih buat saya yang kurang menikmati strong body/ over-extracted coffee. Suasana di kedai kopi ini adem, cocok untuk freelancer yang butuh ruang buat kejar-kejaran sama kenangan deadline. Ehe.



» Senin - Minggu: 08.00 - 23.00
» Jalan Pringgondani no.14, Demangan Baru
» @kronologycoffee


Kopi Ketjil
Masih dari bilangan Demangan, aseli deh area ini banyak banget tempat ngopinya. Kopi Ketjil salah satu tempat yang direkomendasi jika kamu penikmat manual brewing. Tempatnya sesuai dengan namanya. Kecil, dan hanya tersedia beberapa meja serta bangku. Oh ya, mereka menjual green beans dan hasil rostingannya loh. Spot terbaik di tempat ini: di kursi bar, menyaksikan mbak-mbak barista yang ramah menyeduh kopi pesananmu.


» Senin - Minggu: 08.00 - 22.00
» Jalan Demangan Baru no.5
» @kopiketjil



Hayati Specialty Coffee
Coffee shop dengan nuansa putih ini letaknya cuma beberapa langkah dari Kopi Ketjil. Setelah memilih tempat duduk yang tersedia, saya langsung menuju kasir dan memesan kopi. Siang itu tak terlalu ramai, maka obrolan bersama barista pun terkondisikan :)) Tadinya hanya ini memesan milk based, namun berubah pikiran setelah melihat kemasan dari The Cupping Room; sebuah roastery yang sudah lama ingin saya coba. Hari itu ada 2 guest beans dari TCR, salah satunya ialah Gedeo Ethiopia oleh Daniel Miju dengan varietas heirloom. Mengharapkan kopi yang aromatik, benar saja beberapa saat setelah diseduh saya mencium aroma buah yang cukup pekat melalui server. Setelah dicoba, setidaknya berries dan mango dapat saya rasakan, dan sweet after taste. Nggak rugi lah ya bayar ekstra untuk guest beans. Seperti biasa, bermodal obrolan, segelas seduhan kopi yang lain pun tiba di meja saya. "Ini mbak, cobain seduhan saya.", katanya. See? Ngobrol membawa berkah. Selain menyajikan kopi yang enak, tempat ini instagramable banget. Spot terbaik untuk berfoto di tempat ini adalah di meja pinggir jendela, dan di depan dinding dekat pintu masuk.


» Senin - Minggu: 08.00 - 22.00
» Jalan Demangan Baru no.7
» @hayaticoffee



Ekologi Coffee & Coworking Space
Quick stop di coffee shop yang katanya lagi rame ini. Terdapat dua lantai, dan tersedia outdoor area untuk perokok. Karena mengusung nama coworking space, tentu saja mereka memiliki jumlah colokan yang cukup banyak untuk gadget kamu. Malam itu saya pesan latte, dan sempat mengambil beberapa foto. Kopinya enak, pun suasana tempatnya juga asik buat garap tugas/ kerjaan. Oh ya, barista-baristanya super ramah! I wish I could spend more time in here.


» Senin - Minggu: 10.00 - 22.oo
» Jalan Pandean Sari Blok IV No.10A, Condong Catur
» @ekologi.id

-to be continued-





Comments

Popular Posts