Wisata Batu: Situs Sejarah Goa Pawon

Bicara soal wisata alam di kawasan Jawa Barat emang nggak ada habisnya. Dari perbukitan, hingga wisata air terjun. Minggu ini saya berkunjung ke Gua Pawon di Padalarang, Bandung barat. Jarak tempuh dari kota Bandung kurang lebih satu jam. Kalau nggak macet, haha! Setiba di lokasi, kita diwajibkan membayar 15,000 IDR, termasuk parkir motor dan tiket masuk untuk dua orang. Setelah parkir, seorang penjaga memberi sedikit informasi tentang rute gua. Untuk mengitari tempat ini kita harus berhati-hati, tetesan air dari atas membuat permukaan licin. Kami mulai dengan memasuki lubang terdekat dari pintu masuk. Dari sini kita bisa melihat pahatan gua, juga hamparan sawah dan perbukitan. 





Saat itu tak banyak pengunjung yang datang, sehingga kami bebas berfoto di tempat yang kami inginkan tanpa menunggu ;) tempat wisata seperti ini tentu tak luput dari nilai-nilai sejarah. Terdapat penemuan fosil, berupa tujuh kerangka manusia zaman mesolitikum terhitung sejak tahun 2000 (sumber: Sindonews





Tak jauh dari titik penempatan fosil, terdapat lubang besar yang sepertinya merupakan spot favorit di tempat ini. Untuk berfoto di sana, kita harus menuruni jalan setapak yang agak licin jika dilewati dengan sepatu tanpa grip. Gua ini cukup menantang. Karena untuk menuju beberapa titik, kita diharuskan untuk menaiki tangga, merunduk di dalam gua, hingga menuruni jalan setapak, sungguh dinamis x))






Saat hendak kembali ke parkiran, hujan turun cukup deras. Setelah menunggu di wantilan selama kurang lebih 30 menit, hujan mereda dan kami melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya. Stone Garden!!


Comments

Popular Posts