About Me

February 20, 2017

Wisata Mangrove di PIK

"Kemarin kuajak ke sana, nggak mau", goda tante Nany kepada Sonya, anaknya. Siang itu mendung. Kami berdua hampir mengurungkan niat untuk masuk ke gerbang Taman Wisata Alam di utara Jakarta. Wait, what? Wisata alam di Jakarta? Yup, architecture touring or mall hoping is a common thing in here. Good news, good news, there's a place suits to my adventurous personality. Hanya dengan 25.000 IDR kita bisa mengitari hutan bakau PIK.

Di pintu masuk ada penjaga yang meminta tiket yang sudah dibeli di gerbang depan. Membawa kamera profesional (DSLR, bahkan pocket cam) dikenakan biaya 1.500.000 IDR :)) jadi segera urungkan niatmu untuk hunting foto dengan resolusi tinggi karena yang diperbolehkan dibawa hanya ponsel saja. *saat itu saya membawa GoPro namun yang terlihat hanya tongkatnya saja - sepintas seperti tongsis, jadi lolos! Haha!

Paving block, banyak tempat duduk, dan sudut yang instagram-able banget; bikin tempat ini layak jadi tempat rekreasi keluarga. Ya namanya hutan bakau dikenal dengan nyamuk sebagai penghuninya, jangan lupa menggunakan insect repellent ya! 






Taman Wisata Alam Muara Angke Kapuk memiliki luas area 99,82 hektar, dan memiliki fungsi sebagai pencegahan erosi. Oh ya, bahkan kita bisa bermalam di sini loh! Dari camp ground, rumah tenda hingga dengan konsep villa. Mengitari hutan bakau dengan berjalan kaki, sudah biasa ya. Pengelola ecotourism Angke Kapuk menyediakan wisata air berupa penyewaan kano, perahu dayung, dan speedboat. Kami memilih kano (tandem), karena dirasa terlalu lebar untuk mendayung perahu, haha! Oh btw, wisata air ini dibatasi hanya 40 menit.






Hidup di ibukota selama beberapa minggu sudah membuat kepala saya bising. Belum lagi polusi cahaya yang tak memungkinkan untuk memandang benda langit. Dari atas kano saya merenung tentang masa lalu betapa mewahnya berada di alam seperti ini. Lamunan terhenti ketika saya menabrak gundukan sampah plastik yang tersangkut pada ranting bakau. Hih, kzl! Semoga pihak pengelola lekas memperhatikan hal ini ya. 

Tips:
- Untuk cuaca yang sedang tak menentu, bawalah payung.
- Lotion anti nyamuk is a must!!


No comments:

Post a Comment