About Me

November 5, 2016

Bakas Adventure: Elephants ride hingga rafting

Saat traveling, tak jarang kita menginginkan singgah di beberapa tempat sekaligus. Namun, kadang terkendala dengan jarak yang berjauhan. Nah, kali ini nih saya bakal mengajak kalian jalan-jalan mengitari Bakas, one stop adventure yang nggak bikin kamu repot pindah area untuk menikmati beragam atraksi.

Setiba di pelataran lobi, saya dan teman-teman langsung disambut dengan welcome drink, lalu mengurus keperluan administrasi. Atraksi pertama yang ditawarkan kepada kami adalah Elephant Ride. Ini pengalaman pertama saya mengelilingi taman dengan menunggangi gajah. Sebut saja pak Rahasia (karena saat itu memang tidak menyebutkan namanya :))) yang menjadi driver kami saat itu, bercerita sambil menavigasi Elsa, gajah kami. Di Bakas, satu gajah hanya diperbolehkan mengantar tamu sebanyak dua kali dalam sehari. Dalam perjalanan pun, pak Rahasia terus bercanda dengan Elsa yang membuat kami tertawa juga. Beberapa kali pak Rahasia menyuruh Elsa berhenti untuk istirahat. Duduk di atas gajah tidak lah mudah. Belum lagi jalan turunan dan tanjakan yang membuat saya salting karena takut merosot :)) Di penghujung perjalanan, kami harus melintasi sungai yang membuat kami berteriak, haha!





Seusai diantar kembali ke post, mbak Aptia mengajak kami berkenalan dengan Jenny dan Jonny, bayi orangutan penghuni Bakas. Jenny berumur 1 tahun, terlihat sangat manja dengan pengasuhnya. Saya dan Damar berbincang dengan sang pengasuh sembari menunggu Jenny dan Jonny yang sedang asik makan. Mengurus bayi orangutan sama dengan mengurus bayi manusia. Jika merasa sakit, mereka menangis karena tidak bisa menunjukan di mana sakitnya. 






Setelah singgah di Mini Zoo, mbak Aptia mempersilahkan kami untuk menuju restoran untuk makan siang. Pilihan makanannya banyak, lengkap dengan kopi dan teh.



"Sudah siap rafting, bli?", kata bli Komang yang menghampiri meja makan kami. Yak, aktivitas selanjutnya adalah white river rafting! Arung jeram di sungai Ayung sih udah biasa ya. Kali ini kita coba di sungai Melangit. Sungai ini tak lebar, namun, memberikan kesan tersendiri untuk saya. Mungkin karena lekukan dinding, belum lagi tumbuhan rambat yang terdapat di sekeliling kami memberikan kesan dramatis. Beberapa kali kami melewati jeram yang cukup menantang. Di tengah perjalanan, ada mini waterfall, dan bli Komang menawarkan untuk berfoto di sana. Sore itu kami merupakan peserta terakhir. Suasananya tenang, mungkin hanya racau burung cagar yang terdengar. Sungai ini berjarak 5 km, dan kami menghabiskan 1 jam di wahana ini untuk mencapai akhir.






"Kita tunggu jemputan di sini aja ya.", kata bli Komang. Beberapa tahun silam, arung jeram pertama saya mengharuskan untuk menapaki tangga yang cukup jauh untuk mencapai jalan utama. Namun dengan Bakas Adventure, kita hanya perlu menunggu sesaat turun dari perahu karet. Setelah kembali tiba di site Bakas, kami melanjutkan wahana terakhir, yaitu ATV! Lagi lagi ini adalah pengalaman pertama saya. Sempat mencoba duduk di bagian kemudi, namun berat. Syukurlah ini tandem alias se-ATV berdua. Bli Adit langsung memposisikan diri di depan. Sementara saya hanya duduk, dan menikmati guncangan jalan berlumpur dari kursi penumpang. 





45 menit berlalu terlalu cepat. Seorang pemandu menggiring kami kembali ke garasi tanda permainan sudah selesai. Rute yang kami lewati lumayan menarik. Dari melintas rumah warga, sawah, hingga jalan berlumpur. Bersyukur menggunakan celana pendek dan sandal jepit, karena akan mudah saat membersihkannya. Kebayang ya kalau pakai celana panjang dan sepatu :)) Sebelum pulang, kami bersantai dan berfoto di beranda Bakas menikmati pemandangan di depan kami.



Terima kasih bli Adit, Damar, dan Tori yang mau nemenin jalan-jalan kali ini. Terima kasih mbak Aptia dan Bakas Levi Rafting & Adventure untuk pengalaman barunya dan pelayanan yang luar biasa. Lain waktu, saya akan kembali mencoba aktivitas lainnya seperti jungle trekking dan mountain cycling. Hmm... Minggu depan enaknya #melaligen ke mana ya?

Desa Bakas,  Banjarangkan, Klungkung

2 comments:

  1. Mmmhhhh...
    Menarik perjalanannya, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kalo ke sini sepertinya :)

    www.kevinalegion.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. It is! Seru banget atraksi yang tersedia di Bakas Adventure.

      Delete