About Me

March 22, 2015

Magnetic Island: Pertemuan Perdana dengan Koala

"Are you still keen to go to Magnetic Island tomorrow?", tanya sepupu saya. Bak gayung, saya bergegas menyambut ajakannya. Pukul 8.45 kami tiba di pelabuhan ferry kota Townsville, langsung menuju loket untuk sarapan membeli tiket penyeberangan return via SeaLink  seharga $32. Perjalanan menuju Maggie Island ditempuh selama 25 menit.

Pemandangan pelabuhan dan Castle Hill dari deck kapal.
Setiba di Nelly Bay, kami disambut dengan sengatan matahari yang perlahan menuju tepat di atas kepala. Untuk menjelajahi pulau ini terdapat empat cara: naik bus via Sunbus, sewa scooter, sewa mobil via Tropical Topless, atau jalan kaki. Yang terakhir tidak saya sarankan kecuali kalian bawa kaki cadangan. Seriously guys, jauh banget. Berhubung saya tidak menginap, maka saya memilih sewa mobil. Ternyata sepupu sudah booking paket sebelumnya. Tinggal menunjukkan tiket kapal, maka kamu hanya diwajibkan membayar $65 untuk sewa mobil (sampai jam 5 sore) plus diberi 2 voucher free soft drink saat kembali nanti. Harga normal penyewaan berkisar $80-90 tergantung pilihan mobilnya.



1. The Forts
Magnetic Island memiliki peran penting dalam sejarah militer Australia. The Forts sendiri dulunya adalah Port War Signal Station (PWSS). Di puncak, kita bisa melihat dua benteng yang dipercaya pernah melontarkan tembakan peringatan saat kapal angkatan laut US memasuki area tanpa ijin. Di dalam benteng terdapat beberapa barang peninggalan. Selain sarat sejarah, dari atap kita disuguhkan pemandangan Cleveland Bay, dan perbukitan pulau. Kering, tandus, dan perlu 45 menit untuk menuju puncak. Terdapat water tap untuk mengisi pasokan botol minummu, serta dua lookout & rest area dengan pemandangan yang aduhai :3



2. Horseshoe Bay
Setelah lelah menjalani cinta denganmu trek hingga puncak, hinggaplah si lapar di dinding lambung. Kami segera bergegas ke arah kota. Not officially a city, sih, cuma Horseshoe Bay memiliki banyak pilihan makanan dibanding area lainnya. Di sini juga kita bisa melakukan aktivitas air, terdapat rental gear untuk snorkeling, kayak, dan masih banyak lagi. Setelah tiba, kami langsung menjura di depan kedai Fish n' Chips seharga $10. Porsinya? Lebih besar dari perasaanku yang tak terbalas padamu, mz :')


3. Bungalow Bay, Koala Village
Yak, belum sah ada di Australia kalau belum berfoto dengan Koala. Rencana hanya berfoto pun sirna setelah melihat jadwal wildlife tours yang saat itu hampir dimulai. Saya bersama 4 orang asal Polandia, 3 asal Jerman, dan 1 Australia akhirnya menyimak Tony, tour guide kami. Dalam ekspedisi ini pengunjung diperbolehkan berfoto bersama hampir semua satwa yang dipunya. Pun ini kali pertama saya melihat Wombat, hewan nokturnal yang (entah gimana ceritanya) mau keluar dari kandangnya saat matahari terik, haha! Oh ya, di Bungalow Bay terdapat halaman yang disewakan murah untuk para backpacker. Juga ada kamar cottage (private/ share) untuk budget traveler. Tarif berfoto dengan koala $16 (dapat print out dan frame dari Bungalow Bay), sementara wildlife tour $25 (durasi 90 menit). Selengkapnya klik di sini.




4. Picnic Bay
Untuk mengisi waktu yang tersisa, saya dan sepupu sepakat untuk swim hopping di 3 pantai utama. Picnic Bay terletak di bagian utara, satu-satunya pantai yang memiliki anjungan yang amat instagram-able, lol! Berhubung Queensland utara memiliki banyak 'koleksi' ubur-ubur yang mematikan, tak jarang hampir di tiap pantai akan kamu temukan stinger net sebagai pelindung siapapun yang ingin berenang.




5. Geoffrey Bay
Berbeda dengan Picnic Bay yang masih terdapat kapal nelayan dan pemandangan orang memancing, di sini tidak diperbolehkan karena termasuk kawasan taman nasional. Airnya sangat tenang, tapi tak terdapat stinger net, jadi takut juga mau berenang :))



6. Alma Bay
Pantai yang satu ini terletak 200 meter dari Geoffrey Bay. Rasanya di sini satu-satunya pantai berombak yang bisa digunakan untuk belajar surfing. Selain berenang, bisa duduk-duduk ala piknik juga di hamparan taman di sini.



Demikian perjalanan satu hari di Maggie/ Magnetic Island. Kurang lama sih, karena belum sempat ngintip zona perairan Great Barrier Reef juga. Ini pertanda ya tentunya supaya bisa balik lagi khusus edisi dalam laut, hihi, sampai jumpa di cerita selanjutnya! xx


d.

2 comments: