About Me

August 20, 2014

Memerdekakan Diri di Puncak Gunung Lesung.

Seperti halnya musik, buat saya destinasi pendakian pun kini ada klasifikasinya, yaitu: mainstream, dan cutting edge. Sempat terbesit untuk merayakan kemerdekaan di atap Bali, Gunung Agung, namun setelah mendengar peserta yang membludak, kami mengurungkan niat. Di tengah keputus-asaan kami, Magma Adventure hadir menawarkan pendakian ke Gunung Lesung *sembah*. Nggak heran banyak teman saya yang bertanya di mana itu gunung Lesung. Jika dilihat dari ketinggian, gunung ini bahkan lebih tinggi dari Batur, tapi yaaa gitu, gunung ini ndak femes gaes :(

Gunung Lesung terletak di utara Danau Tamblingan. Untuk mencapai pos pertama (di rumah penduduk), kita harus melewati jalan tanjakan yang hanya bisa dilalui dengan motor. Setelah beristirahat sebentar, kamipun memulai perjalanan.







Perjalanan kali ini sedikit meleset dari perkiraan awal. Rencananya kami membangun tenda di kawah mati, namun lintasan menuju bawah nampaknya tersapu air hujan. Usaha kami membuka lintasan baru pun sia-sia, perjalanan menuju bawah terlalu terjal. Berhubung hari sudah gelap, akhirnya diputuskan untuk balik arah dan kembali menuju pura di puncak.




Setelah melewati malam yang cukup spektakular; pasak tenda yang tertinggal, momen kelaparan hingga gemetar, dan rahang yang lelah karena penghuni tenda tak ada yang luput dari bahan tawa, akhirnya pagi memaksa kami untuk bangun. Sebelum pulang, kami melakukan upacara bendera. Entah kapan terakhir kali saya melakukan ini. Senaaang! Setelah itu kami langsung turun, dan menuju ke rumah warga. Oh iya, di sini selain jadi tempat penitipan kendaraan selama pendakian, bale bengongnya juga bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Tak lama setelah kami tiba, meme datang membawa banyak gelas berisi teh dan kopi. Terima kasih banyak! :')












Tips:
~ Waspada jelatang/ lateng! Tumbuhan nakal ini tersebar di lintasan menuju puncak. Gunakanlah gaiter dan baju panjang untuk menghindari gatal.
~ Kalau singgah di pos ini (rumah warga), jangan lupa memberi santunan ya.


d.

3 comments:

  1. kalau boleh tahu jalur mendakinya lwat mana yaa ke gunung lesung ?

    ReplyDelete
  2. i read your blog and get inspired - thanks.
    if you like take a look at www.mountains-of-bali.info
    chris

    ReplyDelete
  3. asikyah banyak cwenya juga coba kalo di izinkan pengin Ikut juga kaya gitu ndaki :( Bali Wedding Photografy

    ReplyDelete